Fungsi Alat Musik Tradisional, Pengertian, dan Jenisnya

Ada beberapa fungsi alat musik tradisional yang penting untuk diketahui. Setiap daerah tentunya memiliki alat musik tradisional, yang dimana alat musik tradisional ini harus dijaga dan dilestarikan. Alat musik tradisional ini tentunya menambah nilai keanekaragaman budaya di Indonesia. Selain itu juga, alat musik tradisional merupakan salah satu harta budaya Indonesia yang tak ternilai harganya.

Setiap daerah di Indonesia tentunya memiliki alat musik tradisional, di mana alat musik tradisional ini memiliki fungsi yang masih dilestarikan hingga kini. Ada beberapa jenis alat musik tradisional yang tersebar di Indonesia. Fungsi alat musik tradisional biasanya digunakan sebagai sarana untuk mengekspresikan diri.

Fungsi alat musik tradisional untuk masing-masingnya tentunya berbeda. Seiring dengan perkembangan zaman, musik tradisional juga ikut berkembang atau dikolaborasikan dengan jenis musik yang kini tengah berkembang. Perpaduan yang unik dan tentunya patut untuk diparesiasi. Walaupun zaman sudah berkembang, alat musik tradisional juga ikut berkembang dan tak hilang oleh zaman.

Alat musik tradisional dan musik tradisional tentunya memiliki hubungan yang erat. Musik tradisional tentunya bisa menjadi sempurna jika diiringi dengan alat musik tradisional. Oleh sebab itu, fungsi alat musik tradisional untuk masing-masingnya berbeda.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fungsi alat musik tradisional beserta pengertiannya, Kamis (12/11/2020).2 dari 6 halaman

Alat musik tradisional tentunya dibutuhkan untuk menciptakan musik tradisional itu sendiri. Musik tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun di indonesia, dipertahankan sebagai sarana hiburan. Tiga komponen yang saling mempengaruhi diantaranya seniman musik itu sendiri dan masyarakat penikmatnya. Fungsi alat musik tradisional tentunya memiliki peranan penting untuk perkembangan musik tradisional itu sendiri.

Perkembangan musik tradisional di Indonesia tentunya didukung oleh beberapa hal seperti alat musik tradisional yang masih dijaga hingga kini. Seniman dan masyarakat juga harus menyatukan persepsi dalam mengembangkan dan melestarikan seni musik tradisional. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata Alat yang berarti suatu benda yang digunakan untuk mempermudah suatu kegiatan atau kerjaan. Kata Musik berasal dari Bahasa Yunani, yaitu Mousike yang diambil dari nama Dewa yang terkenal dalam mitologi Yunani Kuno, yaitu Mousa. Dewa yang memimpin Seni dan Ilmu.

Sedangkan kata tradisional berasal dari Bahasa Latin, yaitu Traditio yang artinya suatu kebiasaan masyarakat yang dilakukan secara turun temurun.

Dari keterangan secara bahasa diatas, dapat disimpulkan bahwa, alat musik tradisional adalah alat musik yang berkembang secara turun menurun pada suatu daerah, yang digunakan untuk mengiringi sebuah musik-musik yang terdapat dikalangan masyarakat daerah tersebut.

Whatsapp